• PKBM NGUDI MAKMUR
  • Bersama Kita Bisa....

TANTANGAN YANG DIHADAPI PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH

Tantangan yang  Dihadapi  dalam  Implementasi  Pendidikan  Luar  Sekolah  Berbasis Masyarakat Pendidikan  luar  sekolah  berbasis  masyarakat,  meskipun  memiliki  potensi  besar,  tetap menghadapi berbagai tantangan dalam implementasinya. Beberapa tantangan ini  telah diidentifikasi oleh para ahli sebagai berikut:

  1. Kelompok Belajar. Kelompok belajar merupakan salah satu bentuk pendidikan di mana sekelompok individu  melakukan kegiatan-kegiatan pembelajaran, ketrampilan-ketrampilan verbal maupun tindakan tentang keilmuan/sesuatu permasalahan/meningkatkan potensi fikir dan ketrampilan, yang dilakukan secara terkoordinasi serta dipandu oleh beberapa tutor sebagai pemrasaran
  2. Kurangnya Dukungan Pemerintah. Banyak program  pendidikan  luar  sekolah  tidak  mendapatkan  dukungan  yang cukup  dari    Menurut  Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan (2021),  rendahnya  anggaran  untuk  pendidikan  non formal  menjadi  salah  satu  hambatan  utama.  Tanpa  dukungan  yang  memadai,  program program  ini  sulit  untuk bertahan dan berkembang.
  3. Keterbatasan Sumber Daya. Sumber daya,  baik  manusia  maupun  material,  sering  kali  menjadi  Menurut Suhendra (2020), banyak program pendidikan luar sekolah kekurangan tenaga pengajar yang terlatih dan fasilitas yang memadai. Hal ini berdampak pada kualitas pembelajaran yang diberikan, sehingga mengurangi efektivitas program.
  4. Kurangnya Kesadaran dan Partisipasi Masyarakat. Banyak masyarakat  yang  masih  kurang  memahami  pentingnya  pendidikan  luar sekolah.  Menurut  Widiastuti  (2019),  kurangnya  kesadaran  ini  menyebabkan partisipasi  yang  rendah  dalam  program-program    Masyarakat  sering kali  lebih  mengutamakan  pendidikan  formal,  sehingga  melewatkan  kesempatan untuk belajar secara non formal.
  5. Stigma dan Persepsi Negatif. Stigma terhadap  pendidikan  non formal  sebagai  pilihan  "kedua"  dibandingkan pendidikan formal juga menjadi tantangan. Freire (1970) mencatat bahwa persepsi ini  dapat  menghambat  individu  untuk  terlibat  dalam  pendidikan  luar  sekolah, karena  mereka  merasa  tidak  setara  dengan  mereka  yang  menempuh  pendidikan formal.
  6. Kurangnya Jaringan dan Kolaborasi. Pendidikan luar  sekolah  berbasis  masyarakat  sering  kali  terisolasi  dari  program pendidikan      Menurut   Malaguzzi   (1996),   kolaborasi   antara   berbagai pemangku   kepentingan,   termasuk   lembaga   pemerintah,   masyarakat,   dan organisasi   non pemerintah,   sangat   penting   untuk   keberhasilan   program.
  7. Ketiadaan jaringan yang kuat menghambat pertukaran informasi dan sumber daya. Tantangan dalam Penilaian dan Evaluasi Proses evaluasi  untuk  mengukur  keberhasilan  program  pendidikan  luar  sekolah sering kali tidak sistematis. Menurut Dewey (1938), tanpa evaluasi yang tepat, sulit untuk   mengetahui   dampak   dari   program   yang   telah      Hal   ini menyebabkan sulitnya pengembangan dan peningkatan program di masa depan.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
MENINGKATKAN AKSES DAN KUALITAS PENDIDIKAN MELALUI PLS

Pendidikan merupakan hak dasar setiap individu yang tidak hanya terbatas pada ruang kelas formal. Dalam konteks ini, program pendidikan luar sekolah (PLS) menjadi sangat penting, teruta

11/06/2025 10:33 - Oleh Setyo Widodo - Dilihat 13 kali
PROBLEMATIKA PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH

Pendidikan sesungguhnya memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, yakni dalam upaya menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Pendidikan Luar S

11/06/2025 09:59 - Oleh Setyo Widodo - Dilihat 12 kali
MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT DI ERA DIGITAL

PENDAHULUAN Pendidikan di Indonesia semakin mengandalkan teknologi informasi yang berkembang pesat, menghasilkan kemajuan dan efektivitas dalam proses belajar -mengajar (Pramesworo

11/06/2025 09:47 - Oleh Setyo Widodo - Dilihat 14 kali
STRATEGI DAN EFEKTIVITAS MENINGKATKAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH

Strategi  untuk  Meningkatkan  Efektivitas  Pendidikan  Luar  Sekolah  Berbasis Masyarakat. Untuk  meningkatkan  efektivitas  pendidika

11/06/2025 09:19 - Oleh Setyo Widodo - Dilihat 10 kali
FUNGSI PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH

Pendidikan luar sekolah sebagai komplemen adalah pendidikan yang materinya melengkapi apa yang diperoleh di bangu sekolah. Ada beberapa alasan sehingga materi pendidikan persekolahan ha

05/06/2025 12:42 - Oleh Setyo Widodo - Dilihat 23 kali
AZAS PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH

ASAS PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH Pendidikan merupakan suatu proses untuk mengintegrasikan individu yang sedang mengalami pertumbuhan ke dalam kolektivitas masyarakat. Dalam kegiatan pendid

05/06/2025 12:40 - Oleh Setyo Widodo - Dilihat 27 kali
LANDASAN TEORITIS PEMBERDAYAAN PKBM

Para ilmuwan sosial dalam memberikan pengertian pemberdayaan mempunyai rumusan yang berbeda-beda dalam berbagai konteks dan bidang kajian. Artinya belum ada definisi yang tegas mengenai

05/06/2025 09:34 - Oleh Setyo Widodo - Dilihat 26 kali
REGULASI TENTANG PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH

Dalam Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 13 ayat (1) dikemukakan bahwa: “Jalur pendidikan terdiri atas pendidikan formal, nonformal, dan in

05/06/2025 08:53 - Oleh Setyo Widodo - Dilihat 38 kali
TUJUAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH

Tujuan dan Fungsi Pendidikan Luar Sekolah,Menurut Marzuki (2010), tujuan pendidikan luar sekolah adalah supaya individu dalam hubungannya dengan lingkungan sosial dan alamnya dapat seca

24/04/2025 15:15 - Oleh Setyo Widodo - Dilihat 101 kali
CIRI-CIRI PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH

Pendidikan luar sekolah lebih kepada praktisi agar warga belajar mampu menerapkan dalam pekerjaannya, tidak memandang usia, tidak di bagi atas jenjang, waktu penyampaian yang singkat ka

24/04/2025 15:13 - Oleh Setyo Widodo - Dilihat 80 kali